Selasa, 05 Juni 2012

TIPS MEMOTIVASI DIRI


Banyak di dunia ini orang-orang yang kurang memiliki motivasi diri didalam hidup nya. hal tersebut lah yang membuat hidup mereka biasa-biasa saja, tidak bisa lebih. mereka kebanyakan hanya ingin merasa aman saja, tidak berani untuk merasa ingin memilki yang lebih. motivasi itu hanya ada didalam diri kita sendiri bukan pada orang lain. motivasi dari luar hanyalah pancingan saja, tetap pada ujungnya ada didalam diri kita sendiri. 
 berikut tips bagaimana menciptakan motivasi di dalam diri kita :
  1. Pusatkan pikiran Anda. Be focus!
Anda harus menetapkan tujuan spesifik untuk diri Anda sendiri dengan kerangka waktu untuk mencapainya. Tujuan umum tidak akan efektif. Miliki kekuatan, buatlah tujuan yang menarik menjamin Anda akan tetap semangat dan antusiasme Anda. Contoh: Dalam catur wulan ini saya ingin menjadi pemimpin yang semakin luwes dan bijaksana dalam mendelegasikan pekerjaan, saya tidak akan langsung ‘meledak’ marah jika salah satu anggota tim saya gagal mencapai targetnya.

  1. Buat list atau catat tujuan Anda.
Tulis tujuan Anda ke dalam langkah-langkah yang konkrit yang dapat diperiksa sewaktu-waktu dan menandainya saat Anda sudah mencapainya, Anda akan tetap berkomitmen dan fokus. Jangan memulai tujuan selanjutnya jika tujuan sebelumnya belum terpenuhi. BIla perlu buat spread sheet yang menandai setiap pencapaian tujuan Anda dan bawalah kemanapun Anda pergi. Anda bisa mengunggahnya ke smart phone dan saat senggang, sempatkan untuk memeriksanya.

  1. Kembangkan keinginan terbesar untuk mencapai tujuan.
Pelihara keinginan Anda demi mencapai tujuan dan dengan mengidentifikasi semua keuntungan dan kerugian yang akan Anda lalui. Buat daftar spesifik tentang manfaat yang ada. Jangan takut untuk mengungkapkan keinginan ‘tergila’ sekalipun.

  1. Konsisten!
Hal yang wajar jika terkadang semangat Anda menurun. When your mood is low, lihat kembali daftar yang memuat tujuan Anda dan bayangkan kebaikan yang bisa Anda dapatkan baik untuk Anda maupun untuk anggota tim Anda serta perusahaan. Sesungguhnya Anda tidak hanya membantu Anda, tetapi juga orang disekitar Anda.

  1. Bulatkan tekad bahwa Anda pasti bisa menghadapi segala rintangan
Sekali Anda bertahan kuat untuk keinginan Anda dan juga manfaatnya, Anda akan melihat segala hambatan itu bukanlah apa-apa yang harus ditakutkan dan bisa segera Anda singkirkan. Jangan biarkan apa pun menghalangi jalan Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar